Pupil’s Task : Book Recency

Judul                     :   My Sister’s Keeper

Pengarang            :         Jodi Picoult

Penerbit                :         Gramedia

Jumlah halaman     :         528 halaman

Penerjemah           :         Hetih Rusli

 Image

 

 

SINOPSIS :

Anna Fitzgerald lahir dari proses pembuahan dalam tabung. Beberapa jam setelah Anna lahir, ia sudah menyumbangkan sel darah tali pusat untuk kakaknya, Kate. Setelah itu Anna menjalani puluhan operasi, transfusi darah, dan suntikan untuk Kate agar bisa melawan leukemia yang sudah dideritanya sejak kanak-kanak.

Memang, untuk tujuan menyelamatkan hidup Kate-lah, Anna dilahirkan. Kelahirannya hanya untuk menjadi donor bagi Kate. Seumur hidupnya, Anna tak punya kesempatan untuk hidup sebagai dirinya sendiri.

Suatu ketika, Kate didiagnosa gagal ginjal. Ibunya meminta Anna menyumbangkan ginjalnya untuk Kate yang nyaris sekarat. Dan karenanya Anna harus bersiap-siap merelakan satu ginjalnya untuk Kate.

Menginjak usia remaja, Anna kini mulai berani mempertanyakan tujuan hidupnya. Sampai kapan dia harus terus menjadi penyuplai kebutuhan kakaknya? Hingga akhirnya dia mengambil keputusan untuk menggugat orang tuanya agar memperoleh hak atas tubuhnya sendiri. Keputusan itu membuat keluarganya terpecah.

Anna membuat sebuah keputusan besar dengan menyewa pengacara  bernama Campbell Alexander untuk menuntut kedua orang tuanya karena telah memanfaatkan hidupnya untuk keperluan donor.

Tiba saat di pengadilan, Anna menjelaskan semuanya serta memberikan bukti-bukti berupa keterangan dari berbagai rumah sakit dengan berbagai keterangan donornya. Setelah dipertimbangkan, hakim memutuskan Anna yang memenangkan penggugatan hak atas tubuhnya itu. Anna sangat senang dengan hasil keputusan itu. Ia merasa bebas dari tuntutan menyuplai kebutuhan kakaknya.

Namun, apa yang terjadi. Ketika keluar dari ruang pengadilan, Anna tertabrak mobil. Segera ia dilarikan ke rumah sakit. Sampai di sana, Anna pun tidak tertolong. Ia meninggal setelah memenangkan penggugatan di pengadilan.

Mengetahui hal itu, akhirnya orang tua Anna meminta agar seluruh organ tubuh Anna didonorkan kepada Kate. Setelah menjalani operasi, Kate dinyatakan sembuh total dari penyakit leukemianya.

Sejak lahir, Anna tidak bisa merasakan kebebasan atas tubuhnya sendiri. Bahkan sampai akhir hayatnya.

 

ANALISIS NOVEL :

            Jika dilihat dari segi cover, buku ini terlihat seperti buku umumnya, hanya saja ada suatu pesan tersirat yang ada di raut wajah anak perempuan yang ada di sampul buku. Apalagi dari segi judul “Penyelamat Kakakku” yang pasti akan membawa tanda tanya besar bagi para pecinta novel terjemahan. Dan itu semua terbukti dengan cerita yang ada di novel tersebut karena bisa dibilang genre novel ini adalah tragedi karena banyak sekali peristiwa-peristiwa yang akan menguras air mata para pembacanya.

            Selain hal di atas, banyak hal yang bisa dibilang membuat novel ini lain daripada novel-novel lain. Gaya bahasa penulis yang sederhana tetapi dengan alur yang tidak bisa ditebak. Penggambaran sudut pandang cerita yang sangat unik dan penanaman karakter di tiap tokoh yang kuat. Serta akhir cerita yang sangat berani mengambil “sad ending” tetapi tetap mempertahankan tujuan dan kedudukan tokoh utama sehingga para pembaca tidak akan merasa kecewa dengan akhir cerita yang cukup menyedihkan.

            Disamping kelebihan novel dari segi isi maupun tampilan seperti yang telah disebutkan tadi, pasti juga terdapat beberapa kekurangan. Salah satunya, novel ini bergenre dewasa dan ada beberapa potongan kejadian yang sebenarnya kurang pantas untuk ditulis dalam sebuah novel. Novel ini seharusnya bisa saja bergenre umum dan dapat dinikmati oleh banyak kalangan karena memang membawa pesan moral yang sangat besar. Tetapi, secara garis besar novel ini adalah buku yang bisa direkomendasikan kepada siapapun yang haus akan cerita-cerita tragis dan berbagai polemik antar anggota keluarga.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s