Tupperware Essay Contest

KODE C /MENGARANG

Cerita Singkat Tentang Bumi

 

            “kenapa sekarang panas sekali?”

            “sepertinya dulu Indonesia tidak sepanas ini?”

            Potongan kalimat diatas adalah kalimat yang sering diucapkan oleh orang-orang secara spontan. Lebih tepatnya akhir-akhir ini. Apakah mereka tau jawaban dari pertanyaan yang mereka tanyakan tersebut? Tentu saja mereka tahu, tetapi lebih tepatnya tidak mau tahu. Dan untuk menghindari kesan menghakimi orang lain, lebih baik menggunakan kata “kita” disini.

            Sudah menjadi kebiasaan bila kita selalu mudah untuk berbicara daripada melakukan suatu tindakan yang lebih bermanfaat daripada hanya berbicara. Begitu halnya dengan masalah ini, Global Warming. Secara singkatnya adalah pemanasan global. Pasti semua orang dewasa mengerti tentang hal ini. Terlebih orang yang berpendidikan. Pemanasan global adalah suatu persitiwa dimana bumi mulai memanas karena meningkatnya gas karbon dioksida dan berkurangnya pohon serta tumbuhan penghasil oksigen. Terdengar sepele tetapi dampaknya sangat besar jika kita semua mau menyadarinya. Salah satu dampak yang paling kecil adalah cuaca makin panas.

            Cuaca panas sudah jelas kita rasakan tiap hari ini. Bahkan tiap hari terasa makin panas. Penyebabnya adalah tidak ada pohon. Mengapa bisa begitu? Pohon atau tumbuhan hijau ternyata mempunyai dampak yang sangat besar bagi kehidupan kita. Tumbuhan hijau akan melakukan fotosintesis pada siang hari dan mereka membutuhkan gas karbon dioksida. Setelah itu, mereka akan menghasilkan gas oksigen yang kita butuhkan untuk bernapas. Sedangkan gas karbon dioksida sendiri adalah gas hasil pembakaran emisi kendaraan bermotor yang kita pakai setiap hari. Dan ternyata gas ini membahayakan bagi kesehatan. Oleh karena itu tumbuhan hijau mempunyai peran yang sangat penting untuk mengurangi gas karbon dioksida yang ada di bumi dan tentu saja menghasilkan oksigen yang sangat kita perlukan. Selain bumi yang memanas, dampak lainnya adalah cuaca yang tidak menentu. Sering sekali kita jumpai saat ini ketika Indonesia sedang memasuki musim kemarau, tetapi ternyata hujan deras sering sekali turun pada saat itu.

            Selain masalah-masalah diatas, masih ada lagi masalah yang cukup besar. Yaitu tentang lubang-lubang menganga di atmosfer. Secara singkatnya, bumi kita ini dilindungi oleh gas yang menyelubungi atmosfer. Gas tersebut mempunyai peran sebagai pelindung bumi dari berbagai sinar berbahaya matahari dan berfungsi sebagai pembakar meteor yang akan masuk ke bumi. Sayangnya gas tersebut mulai berkurang karena penggunaan AC, hair spray, parfum, dan lagi-lagi karena gas hasil pembakaran bahan emisi kendaraan bermotor. Gas-gas tersebut mengandung freon yang dalam jangka waktu cukup lama akan naik dan melekat di atmosfer. Jika gas atmosfer ini berkurang apalagi berlubang, tentu saja yang akan terjadi adalah bumi makin panas. Bayangkan saja sinar matahari yang banyak mengandung sinar berbahaya seperti sinar ultraviolet akan langsung masuk ke bumi tanpa perantara dan ini akan mengakibatkan kanker kulit. Belum lagi ancaman meteor yang masuk ke bumi karena meteor-meteor tersebut belum terbakar sempurna ketika melewati atmosfer.

            Banyak sekali kan dampak yang harus kita terima karena pemanasan global. Dan solusi dari masalah tersebut adalah diri kita sendiri. Kita bisa membuat bumi ini untuk berumur lebih panjang. Seperti halnya awet muda pada manusia. Caranya sebenarnya mudah, sangat mudah karena hal ini hanya berhubungan dengan kebiasaan. Apakah kita bisa mengurangi porsi pemakaian kendaraan bermotor kita? Sebagian besar pelajar SMA menggunakan sepeda motor untuk berangkat sekolah. Tapi jika memang tidak dibutuhkan karena rumah kita dekat mengapa tidak menggunakan sepeda saja? Hemat dan tentu sehat. Dan lagi ketika kita akan berpergian ke suatu tempat bukankah kita lebih baik menggunakan transportasi umum saja ketimbang kendaraan pribadi yang mungkin juga akan menimbulkan macet. Terdengar sepele juga bagi para pelajar yang sekolah mereka membuat sistem pengelompokan sampah organik dan anorganik. Padahal ternyata hal ini sangat bermanfaat. Karena pengelolaan sampah-sampah ini juga akan dibedakan dan sampah plastik dapat didaur ulang kembali sehingga tidak menyebabkan penumpukan sampah plastik. Selain itu, kita juga bisa mengurangi pemakaian AC dan parfum yang mengandung freon.

            Semua kebiasaan baik tersebut adalah tabungan bagi kita sendiri. Apa susahnya melakukan kebiasaan baik untuk menambah intensitas hidup. Pada akhirnya, kita sendirilah yang mendapatkan hasilnya. Jadi, buatlah bumi ini berumur lebih panjang selagi kita masih hidup disini. Suatu perbuatan dengan niat baik, pasti juga mendapat hasil kebaikan pula. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s